Kamis, 01 Januari 2015

silabus 2013 MAPEL PDTO


SILABUS

MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)

Satuan Pendidikan        : SMK / MAK
Kelas                               : X

Kompetensi Inti
KI-1.  
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.  
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
 santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
 berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
 dalam pergaulan dunia.
KI-3.  
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
 kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
 masalah.
KI-4.  
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.  Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang maha Esa harus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2.  Pengembangan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan mencemari lingkungan, alam dan manusia





2.1   Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan workshop tools)
2.2   Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP
2.3   Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
2.4   Menunjukkan sikap peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka terhadap dampak yang ditimbulkan dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan bahaya kebakaran)
2.5   Menunjukkan sikap cermat dan teliti sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, elektronik dan baterai
2.6   Menerapkan keselamatan kerja dalam pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat kerja)





3.1     Mengidentifikasi  jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya
4.1     Menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.
·         Peralatan bengkel otomotif
·         Peralatan kerja bangku


Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam alat-alat tangan
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat tangan
Mengeksplorasi
·   Menuliskan atau menyebutkan macam-macam peralatan tangan
·   Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis alat tangan
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis peralatan tangan.
Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan peralatan sesuai dengan SOP
Tugas
Membentuk benda dengan gergaji, kikir dan peralatan lain

Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Hasil kerja dinilai berdasarkan ketepatan dimensi, kerataan dan kehalusan

Tes
Pilihan Ganda/Essay
28 JP


·         Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·         Daryanto.1988. Alat Perkakas Bengkel. Jakarta: PT Bina Akasara.
·         Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Yogyakarta:  Andi Publisher
·         Buku Manual peralatan

3.2     Mengidentifikasi  Jenis-jenis power tools sesuai dengan fungsinya
4.2     Menggunakan dan merawat macam-macam power tools sesuai dengan SOP.
·       Power tools  dan penerapannya
Mengebor dan membuat ulir
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam power tools
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan power tools
Mengeksplorasi
Menuliskan atau menyebutkan macam-macam power tools
Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis power tools
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis power tools
Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan power tools sesuai dengan SOP.
Tugas
Menuliskan prosedur penggunaan power tool sesuai pembagian kelompoknya

Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik


Tes
Pilihan Ganda/Essay
28 JP

·         Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·         Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Yogyakarta:  Andi Publisher
·         Buku Manual peralatan


3.3     Mengidentifikasi peralatan workshop equipment sesuai peruntukannya
4.3     Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment
·       Workshop equipment  dan aplikasinya

Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
·     Menuliskan atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
·     Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis workshop equipment
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis workshop equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan workshop equipment sesuai dengan SOP.
Tugas
Menuliskan prosedur penggunaan dongkrak dan carlift sesuai pembagian kelompoknya
Portofolio
Membuat laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang compressor dan alat press.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik

Tes
Pilihan Ganda/Essay
24 JP
·         Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·         Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Yogyakarta:  Andi Publisher

3.4     Mengidentifikasi jenis-jenis special service tools sesuai fungsinya
4.4     Menggunakan special service tools sesuai dengan SOP
·       special service tools dan penerapannya

Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam special service tools
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan special service tools
Mengeksplorasi
·   Menuliskan atau menyebutkan macam-macam special service tools
·    Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis special service tools
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis special service tools Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan special service tools sesuai dengan SOP.

Tugas
Menuliskan prosedur penggunaan masing-masing jenis SST
Portofolio
·  Membuat laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang SST.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik


Tes
Pilihan Ganda/Essay
20 JP
·         Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·         Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Yogyakarta:  Andi Publisher

3.5     Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur mekanik dan fungsinya

4.5     Menggunakan alat-alat ukur mekanik sesuai operation manual


·         Satuan metric dan british
·     Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur mekanik
·       Penggunaan alat – alat ukur mekanik

Mengamati
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur mekanik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat ukur
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur mekanik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
Tugas
·         Menyelesaikan soal-soal turuna matric dan konversi ke dalam satuan british

·         Menuliskan nama alat alat ukur mekanik dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran

Tes
Pilihan Ganda/Essay

32 JP
·         Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·         Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·         Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
3.6     Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur elektrik dan elektronik serta fungsinya

4.6     Menggunakan alat-alat ukur elektrik dan elektronik sesuai operation manual


·     Satuan alat ukur listrik dan elektronik
·     Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur elektrik dan elektronik
·     Penggunaan alat – alat ukur elektrik dan elektronik

Mengamati
·     Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur elektrik dan elektronik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·     Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat elektrik dan elektronik
Mengasosiasi
·     Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur elektrik dan elektronik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
Tugas

·         Menuliskan nama alat alat ukur elektrik dan elektronik dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran


Tes
Pilihan Ganda/Essay
30 JP

·         Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·         Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·         Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
3.7     Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur pneumatik serta fungsinya

4.7     Menggunakan alat-alat ukur pneumatik sesuai  operation manual


·       Satuan dan besaran pneumatik
·       Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur peneumatik
·       Penggunaan alat – alat ukur pneumatik

Mengamati
·       Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur peneumatik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·       Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat peneumatik
Mengasosiasi
·       Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat ukur peneumatik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.

Tugas
Menuliskan nama alat alat ukur pneumatic dan penggunaannya.

Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran


Tes
Pilihan Ganda/Essay
16 JP

·         Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·         Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·         Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
3.8     Pemeliharaan alat ukur
4.8     Merawat alat-alat ukur sesuai SOP dan service manual

·     Sistem pemeliharaan alat ukur
Mengamati
·       Tayangan atau paparan disertai gambar tentang pemeliharaan alat ukur
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·       Mengeksplorasi penyimpanan alat-alat ukur yang benar
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan pemelihaan jenis-jenis alat ukur Mengkomunikasikan
Melakukan penataan dan pemeliharaan alat-alat kur
Tugas
Menuliskan prosedur perawatan jenis-jenis alat ukur.
Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok tentang pemeliharaan alat ukur
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur

Tes
Pilihan Ganda/Essay
16 JP

·         Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid 1). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·         Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·         Kosim. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta:  Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan
3.9     Menjelaskan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai UU K3
4.9     Melaksanakan K3 sesuai UU


·       Undang-undang K3 dan turunannya
·       Potensi bahaya pada lingkungan kerja

Mengamati
·       Tayangan atau paparan K3 sesuai UU
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·       Mengemukakan contoh-contoh K3 dalam pekerjaan di otomotif
Mengasosiasi
·       Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan

Tugas
Menuliskan prosedur K3 pada salah satu jenis pekerjaan, misalnya tune up, rem atau kelistrikan

Tes
Pilihan Ganda/Essay
16 JP

·         UU K3 No. 1 tahun 1970
·         Buku paket K3 Depnakertrans, 2009
·          


3.10  Memahami kontaminasi pada bahan bakar, olie dan bodi sesuai standar lingkungan kerja
4.10  Melaksanakan prosedur pencegahan kontaminasi


·       Prosedur dan perlengkapan PPPK
·       Potensi kontaminasi pada bahan bakar; olie dan bodi kendaraan
·       Kebersihan dan kerapian bengkel
Mengamati
·       Tayangan atau paparan tentang kontaminasi, dan PPPK.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·       Mengemukakan atau menuliskan contoh-contoh kontaminasi
Mengasosiasi
·       Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
Tugas
Menuliskan prosedur PPPK dilingkungan kerja
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur

Tes
Pilihan Ganda/Essay
16 JP

·         Alton Thygerson . 2011. Pertolongan Pertama: First Aid.
·         Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No.15 tahun 2008 –Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di tempat Kerja
§   NN.PMI Kota Bogor – Perdarahan/2010
3.11  Memahami penggunaan pemadaman kebakaran sesuai klasifikasi  kebakaran
4.11  Melaksanakan prosedur pemadaman api / kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran

·       Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman

Mengamati
·       Tayangan atau paparan tentang Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·       Menuliskan pentingnya pencegahan
Mengasosiasi
·       Membuat ulasan pentingnya peralatan pemadam kebakaran
Mengkomunikasikan
Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran dan penggunaan APAR .
Tugas
Menuliskan prosedur pencegahan terjadinya kebakaran


Portofolio
·  Ceklish tindakan dalam simlasi penggunaan APAR

Tes
Pilihan Ganda, Essay
14 JP

·         Mochamad Zaini (2006), Panduan Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran,  Abdi Tandur, Jakarta.
·         Anonymous. 2012. APAR, http://pemadam113ciamis.wordpress.com. 12 November 2012
·         Anonymous. 2011. Menggunakan APAR http://iso-ohsas.blogspot.com/2011. 12 November 2012
·          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.